SIMULASI DIGITAL
KATA
PENGANTAR
Dengan
segala kerendahan dan keikhlasan hati,
Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan
karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala
kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “SIMULASI
DIGITAL” ini dapat terselesaikan.
Shalawat terbingkai salam semoga
abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad
SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga
syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.
Makalah ini berisi ulasan-ulasan yang membahas tentang Kajian pengertian simulasi, dan
simulasi digital, serta contoh dan manfaat dari simulasi digital.
Setitik harapan dari kami sebagai
penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang
berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu,
penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.
Lumut, Februari 2018
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A. Latar
Belakang .................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah ............................................................................... 1
C. Tujuan
Penulisan................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN
.............................................................................. 3
A.
Pengertian Simulasi.............................................................................. 3
B.
Pengertian
Analog dan Digital ........................................................... 3
C.
Pengertian Simulasi Digital ................................................................. 5
D.
Manfaat Simulasi Digital ..................................................................... 6
BAB
III PENUTUP
...................................................................................... 8
A. Kesimpulan........................................................................................... 8
B. Saran
.................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
lmu
pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan saat ini berlangsung dengan
pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari,
melainkan dalam hitungan jam, menit atau detik, terutama berkaitan dengan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan TIK sangat mempengaruhi
tatanan kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Pada era pertama peranan
pendidikan berpusat pada keluarga, dimana para orang tua memainkan perannya
sebagai guru kepada anaknya tentang arti dan makna kehidupan, anak diajari agar
mampu beradaptasi dengan alam, mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan sampai
pada akhirnya mereka mampu hidup mandiri
tanpa bantuan orang lain.
Pada generasi kedua lahir sekolah
sebagai tempat belajar anak, dimana orang tua memandang bahwa berbagai
perubahan telah terjadi, mereka merasa tidak mampu lagi hanya mengandalkan
pendidikan yang diturunkan dari orang-orang terdahulu, ketidak relevansian
terhadap tuntutan kehidupan pada masa itu sulit dengan hanya bermodalkan
pendidikanseadanya.
Berbagai perubahan terus mengalir,
seiring dengan derasnya alir mengalir tanpa henti, sekolah bermunculan di
mana-mana sebagai tanda kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, namun pada
generasi ke-tiga, lahirlah pendidikan yang mengedepankan azas terbuka, dimana
bagi masyarakat yang tidak mampu untuk datang ke sekolah karena masalah ekonomi
dan sulitnya mendatangi sekolah karena faktor geograis. Pada generasi ini
lahirlahpendidikan yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat
belajar tanpa harus datang ke sekolah, mereka dapat belajar di mana saja, kapan
saja dan dengan apa saja serta oleh siapa saja, bahkan mereka bebas mengatur
sendiri kapan mereka harus belajar dan mempelajari pelajaran apa yang mereka
kehendaki. Pendidikan semacam inidikenal dengan istilah Pendidikan Terbuka
Jarak Jauh (PTJJ).
B. Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari simulasi?
2.
Apa pengertian dari analog dan digital?
3.
Apa pengertian dari simulasi digital?
4.
Apa manfaat dari simulasi digital?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan dari
penulisan makalah ini adalah :
1.
Untuk ememenuhi tugas mata pelajaran simulasi digital
di SMK Al-Ihya tahun ajaran 2014-2015.
2.
Untuk mengetahui pengertian simulasi.
3.
Untuk mengetahui pengertian dari analog dan digital.
4.
Untuk mengetahui pengertian dari simulasi digital.
5.
Untuk mengetahui manfaat dari simulasi digital.
BAB II
Simulasi
adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan
sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum
menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau
sistem yang abstrak tertentu.
Simulasi
adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip
dengan keadaan yang sesungguhnya;
Simulasi
adalah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model
statistic atau pemeranan;me·nyi·mu·la·si menirukan (menyerupakan) kepada
sesuatu yang besar dengan ukuran yang lebih kecil: komputer itu dapat digunakan
untuk - bintang meledak; me·nyi·mu·la·si·kan
membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi
B.
Pengertian Analog dan Digital
Analog adalah sinyal data dalam bentuk
gelombang yang yang kontinew, yang membawa informasi dengan mengubah
karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki
oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Gelombang pada sinyal analog
yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu
amplitudo, frekuensi dan phase.
Amplitudo merupakan ukuran tinggi
rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal
analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada
saat tertentu. Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik
(gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor
”pengganggu”. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan
proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable
yang berurutan. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi
elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang
elektromagnetik.
Contoh Sistem Analog:
1.
Remote TV
2.
Spedometer pada motor
3.
Pengukur tekanan
4.
Telepon
5.
Radio analog
Digital
berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila
kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai
sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital
merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0
dan 1 atau off dan on (bilanganbiner).
Digital adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan
dalam bentuk numeris melalui piranti komputer, Semua sistem komputer
menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan
istilah Bit (Binary Digit) Peralatan canggih, seperti komputer, pada
prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran
yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2
keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika
saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar
bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati.
Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman
suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan
pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu
yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta
secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa,
munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan
a. Keistimewaan Teknologi Digital
1.
Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya
yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2.
Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak
mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
3.
Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi
ke dalam berbagai bentuk.
4.
Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat
besar dan mengirimkannya secara interaktif.
v
Contoh – Contoh Peralatan Yang menggunakan
Digital
·
Jam digital
·
Kamera digital
·
Penunjuk suhu digital
·
Kalkulator digital
·
Computer
·
HP
·
Radio digital
b. Persamaan sistem analog dan digital:
1.
Sama-sama merupakan sinyal data
2.
Semua bisa dibuat dalam bentuk IC
c. Perbedaan sistem analog dan digital:
1.
Sistem digital mampu mengirimkan informasi lebih cepat
dari analog
2.
Sistem analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.
3.
Sistem digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.
4.
Sistem digital mudah didisain dan tidak memerlukan
matematika khusus.
5.
Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik.
C. Pengertian
Simulasi Digital
Simulasi Digital
dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri dan
dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan
kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka
konten materi Simulasi Digital sebagai berikut :
·
Melaksanakan Pembelajaran Kolaboratif
·
Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan
·
Melakukan Pendaftaran
·
Menfaatkan Fitur
·
Melaksankan Ujian Online Bersama Sumber belajar
: Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Menformat materi dalam bentuk digital
·
Mengidentifiasi materi digital
·
Mengidentifikasi persyaratan hardware
·
Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan
materi bentuk digital
·
Menggunakan aplikasi untuk membuat materi
digital · Membuat materi dalam bentuk digital Sumber belajar :
Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara
online Menjelaskan interaksi online
·
Menjelaskan komunikasi online
·
Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi
online
·
Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan
palikasi
·
Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online
·
Melakukan interaksi dan komunikasi secara online
Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Membuat materi dalam bentuk vide
·
Mengidentifikasi jenis materi audio visual
·
Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi
bentuk audio visual
·
Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware
·
Menggunakan aplikasi editing video
·
Melakukan proses render menjadi bentuk video
Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0
dll
·
Membuat materi dalam bentuk simulasi visual
·
Menjelaskan konsep simulasi visual
·
Mengidentifikasi jenis simulasi visual
·
Membuat simulasi visual
·
Mempublikasikan simulasi visual Sumber belajar :
Blender, Skecthbook, 123D Catch, 3DsMax, Adobe Flash, Adobe
After Effect, Cinema 4D, Lightwave, Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0
dll.
Contoh Simulasi Digital Adalah:
·
Simulasi Keyboard tiruan untuk memperlancar
pengetikan 11 Jari
·
Simulasi Menghitung Daya Listrik dengan bantuan
perangkat computer
·
Simulasi pemuaian dengan bantuan software
animasi dan simulasi fisika
·
dll.
D. Manfaat
Simulasi Digital
a)
Pemanfaatan
Jejaring Sosial untuk Pembelajaran Edmodo
1.
Memudahkan
proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo.
2.
Memudahkan guru
untuk memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo.
3.
Memudahkan
untuk belajar kelompok via Online bagi murid.
4.
Guru dapat
memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform Edmodo.
5.
Melakukan ujian
via online lebih mudah karena tidak membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan
hosting karena platform Edmodo ini
gratis.
6.
Mudahnya
menggunakan platform Edmodo karena toolsnya hampir sama dengan Facebook.
7.
Orang tua dapat
memantau anaknya via Edmodo karena ada akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk
Orang Tua dll.
b)
Penggunaan
Perangkat Komunikasi Online
1.
Memberi wawasan
cara menggunakan fitur Komunikasi Online yang gratis(Seperti: Google Hangout)
2.
Dapat
menggunakan Perangkat Komunikasi Online untuk membantu proses belajar ataupun
sharing.
3.
Dapat
berkomunikasi secara efektif via online dll.
c)
Pembuatan
Presentasi Video
1.
Tahu cara
membuat Presentasi yang baik dan benar.
2.
Dapat
mempresentasikan produknya untuk khalayak umum.
3.
Dapat membuat
produk yang baik, bermanfaat dan benar dll.
d)
Pembuatan
Simulasi Visual
1.
Bermain dengan
aplikasi Blender Opensource.
2.
Dapat membuat
Visualisasi benda secara ri'il dalam bentuk 3 Dimensi.
3.
Dapat mebuat
modeling benda dalam bentuk animasi yang menarik dll.
e)
Buku Digital
1.
Dapat membuat
konten buku yang menarik dan bermanfaat.
2.
Dapat
memasukkan Video dan audio dalam buku.
3.
Dapat packing
buku yang menarik dan bermanfaat dll.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Simulasi
Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi
dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web. Simulasi digital,
adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer digital. Jadi
untuk praktik simulasi digital paling tidak harus ada perangkat komputer atau
PC untuk mempraktikan cara kerja sebuah proses digitalisasi.
Adapun
manfaat adanya simulasi digital diantaranya :
1.
Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
2.
Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
3.
Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar
4.
Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada
muridnya
5.
Memudahkan untuk belajar kelompok via Online.
6.
Guru dapat memberi materi via online walaupun guru
sedang tugas.
7.
Melakukan ujian via online.
B. Saran
Pergunakanlah
simulasi digital bagi kehidupan siswa itu untuk mempermudah siswa dalam
menambah wawasannya mengenai segala hal yang ingin diketahui. Serta agar
tercipta suatu metode pembelajaran yang modern, sederhana, namun nyaman bagi
setiap siswa.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.edmodo.com/folder/1820552
Comments
Post a Comment