Pengenalan Edmodo SIMULASI DIGITAL
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia,
serta taufik dan hidayah-Nya lah penulis dapat menyelesaikan makalah dengan
judul Pengenalan Edmodo ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga penulis
berterima kasih pada Ibu Lesli Sulastri Panggabean selaku guru mata pelajaran Simulasi Digital yang telah
memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan
serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari
sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh
dari apa yang penulis harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan
datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan
yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri
maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan
penulis memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa
depan.
Pinangsori, Februari
2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. ......... i
DAFTAR ISI ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah ................................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah ......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah
dan Pengertian Edmodo ................................................................... 2
B. Fitur-Fitur Yang Terdapat Di Edmodo
......................................................... 3
C. Implikasi Edmodo Untuk
Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh
......... 6
D. Manfaat Jejaring Sosial Edmodo .................................................................. 7
E. Kelebihan dan Kekurangan Edmodo ............................................................ 8
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan........................................................................................... ......... 10
B.
Saran..................................................................................................... ......... 10
DAFTAR
PUSTAKA.............................................................................................. 11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Seiring dengan skenario pembelajaran, pendidikan situs
jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung
dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan
bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo
menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi
siswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan
jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Saat ini semua siswa tipe apapun dia
cenderung menyenangi teknologi dan akrab dengannya. Hampir tidak ada siswa yang
tidak punya akun di facebook, bahkan anak usia SD pun banyak yang sudah punya.
Edmodo merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran berbasis Learning Managent
System (LMS). Edmodo memberi fasilitas bagi guru, murid tempat yang aman untuk
berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran,
pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online,
nilai dan masih banyak lagi akan dibahas dibawah. Pada intinya edmodo
menyediakan semua yang bisa kita lakukan dikelas bersama siswa dalam kegiatan
pembelajaran ditambah fasilitas bagi orang tua bisa memantau semua aktifitas
anaknya di edmodo asalkan punya
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana tentang sejarah dan pengertian Edmodo?
2.
Apa saja fitur-fitur yang terdapat dalam Edmodo?
3.
Bagaimana Implikasi Edmodo Untuk
Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak Jauh?
4.
Apa saja Manfaat
Jejaring Sosial Edmodo ?
5.
Kelebihan
dan Kekurangan Edmodo?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah dan
Pengertian Edmodo
Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff
O’Hara. Edmodo adalah sebuah platform Microblogging yang secara khusus
dikembangkan dan dirancang untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu
ruang kelas. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi
dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar,
links, video, maupun audio. Edmodo bertujuan untuk membantu pendidik
memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi
pembelajaran di dalam kelas.
Edmodo adalah layanan gratis yang
memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka
sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan,
mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan
kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman
belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar
professional.
Menurut Pitoy (2012), menyatakan bahwa
Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk
berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan. Edmodo dirancang untuk
menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang
cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo
memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara
langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah
mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan
siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi.
Menurut Jenna Zwang (2010) dalam
artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social Networking Site For
School, menyatakan bahwa Edmodoadalah sebuah situs pendidikan berbasis
social networkingyang di dalamnyaterdapat berbagai konten untuk pendidikan.
Guru dapat memposting bahan-bahan pembelajaran, berbagi link dan video,
penugasan proyek, dan pemberitahuan nilai siswa secara langsung. Selain itu
juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagi semua konten digital termasuk blog,
link, gambar, video, dokumen, dan presentasi.
Menurut Frank Gruber (2008) dalam
artikelnya yang berjudul Edmodo: Microblogging for Education, Edmodo
memberikan kemudahan bagi user untuk membuat grup dah berbagi file, links,
video (embed video) dan gambar dilengkapidengan peringatan (alert),
penugasan (assignment) dan agenda kegiatan (event).
Maka dapat disimpulkan bahwa Edmodo
adalah sebuah platform web dengan menggunakan konsep social
networking berbasis Microblogging yang dikhususkan untuk membangun
lingkungan belajar online yang aman untuk berbagi data, informasi serta
konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto,
kalender, link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga
konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang
hanya dapat dibagikan oleh guru.
B. Fitur-Fitur Yang Terdapat Di Edmodo
Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan
untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan
pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.
a.
Assignment
Assignment
digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online.
Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa
dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain
itu, kiriman Assignment jugaterdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa
siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan
penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan
secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook.
b. File and Links
Pada fitur ini guru dan siswa dapat
mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau
guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti
.doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.
c. Quiz
Quiz digunakan untuk memberikan
evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal
uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya
saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang
kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada
setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan
ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa
oleh guru terlebih dahulu.
d. Polling
Polling hanya dapat dibuat oleh guru
untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui
tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut
dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapan siswa terhadap materi
fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.
e. Gradebook
Fitur gradebook digunakan sebagai
catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat diisi
secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa
dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian pada
gradebookdapat di-export menjadi file.csv. Dalam fitur ini, guru mengatur
penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada
masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai
keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem. Untuk penilaian Quiz
diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa. Pada
siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik
dan penilaian langsung.
f. Library
Fitur ini digunakan sebagai tempat
penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan
fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber
referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan File yang
terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga
dapat menambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur
ini dapat digunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam
dan luar. Sehingga siswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun
tetap diakses melalui Edmodo.
g. Award Badges
Fitur ini digunakan untuk memberikan
suatu penghargaan baik kepadasiswa maupun kelompok. Penghargaan dapat
ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreatifitas guru
dalam memberikan penghargaan.
h. Parents Codes
Menurut Rismayanti (2012), Fitur ini
berfungsi memberi kesempatan kepada orangtua/wali masing-masing siswa dapat
bergabung memantauaktivitas belajar dan prestasi putra-putrinya, guru harus
mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada
masing-masing orangtua/wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh
dengan mengklik nama kelas.
C. Implikasi Edmodo Untuk Pembelajaran Pada Pendidikan Jarak
Jauh
Edmodo seperti alat bantu belajar
lainnya, bisa menjadi hanya sebuah platform online untuk
mendorong pembelajaran pendidik secara jarak jauh, atau dapat menjadi cara
lebih kreatif untuk melibatkan para peserta didik dalam pembelajaran
kolaboratif dan kognisi terdistribusi (Jenkins) jarak jauh. Edmodo bukanlah
jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini
memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif pada
pendidikan jarak jauh. Platform ini memberikan peserta didik
jalur untuk berinteraksi dengan rekan-rekan mereka dan pendidik mereka dalam
suasana akademis yang berjauhan. Lebih jauh lagi penggunaan platform ini
dapat mengajarkan peserta didik untuk bagaimana berperilaku secara online dan
bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar mereka dengan sistem yang
keamanannya terjamin yang dapat melatih kemandirian peserta didik pada
pembelajaran.
Pada hakikatnya platform ini
adalah mudah dipelajari dan mudah digunakan terutama bagi para pendidik yang
menganggap dirinya berada di luar basis pengetahuan teknologi yang berkembang
saat ini. Edmodo menyediakan lingkungan dimana mengajar dan belajar dapat
menghasilkan kegembiraan peserta didik, peserta didik menjadi lebih mandiri,
tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan peserta didik. Tidak dapat
dipungkiri bahwa peserta didik akan sangat tertarik bahkan menyukai
pembelajaran lewat platform ini, dan ketika peserta didik
merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru dan sulit akan
meningkat.
Edmodo merupakan aplikasi yang menarik
untuk membangun semangat peserta didik untuk belajar pada pendidikan jarak
jauh. Ini dikarenakan edmodo memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan
media sosial maupun LMS lainnya sebagai berikut :
a)
Mirip
facebook, mudah digunakan.
b)
Closed
group collaboration:
hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
c)
Free,
diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).
d)
Tidak
memerlukan server di sekolah.
e)
Dapat
diakses dimanapun dan kapanpun.
f)
Edmodo
selalu diupdate oleh pengembang.
g)
Edmodo dapat
diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satu
kota/kabupaten.
h)
Edmodo dapat
digunakan bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua.
i)
Edmodo
digunakan berkomunikasi menggunakan model sosial media, learning material, dan
evaluasi.
j)
Edmodo
mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration.
k)
Terdapat
notifikasi
l)
Fitur Badge dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi peserta didik.
D. Manfaat Jejaring Sosial Edmodo
Edmodo adalah sebuah situs yang diperuntukan bagi
pendidik untuk membuat kelas virtual. Situs tersebut gratis dan gampang
digunakannya selama seorang guru dan murid bisa terhubung dengan internet.
Edmodo adalah sebuah jawaban bagi sebuah ruang kelas virtual yang nyaman dan
aman, dikarenakan :
a)
Siswa bisa
berinteraksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying).
Guru bisa ‘mengunci’ siswa dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa
berkomentar pada seisi ‘kelas’ namun tetap ia bisa berkomunikasi langsung dengan
gurunya.
b)
Tidak ada
orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang
guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan
c)
Guru bisa
memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar,
yang kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari
d)
Murid bisa
kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR
bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat
edmodo, tinggal unggah saja.
e)
Edmodo bisa
dipadukan dengan situs lain seperti wall wisher, glogster dan lain sebagainya.
f)
Guru bisa
menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.
g)
Kelas
virtual yang dibuat seorang guru tidak terbatas, guru bisa menaruh bahan ajar
untuk digunakan di angkatan atau tahun ajaran berikutnya
h)
Siswa bisa
bekerja sama dengan siswa lain dalam grup kecil yang dibentuk oleh gurunya.
Saat mengerjakan sebuah proyek bersama mereka bisa menaruh semua dokumen yang
diperlukan dalam pengerjaannya.
i)
Edmodo
memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak
masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
j)
Siswa yang
pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir dipermalukan,
sementara sianak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja asal ia
terhubung dengan internet.
k)
guru bisa
mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan
sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
E. Kelebihan dan Kekurangan Edmodo
Kelebihan
Edmodo diantaranya :
1)
User
Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana
edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2)
Compatibility.
Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html,
swf dan sebagainya
3)
Aplikasi.
Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop /desktop) tetapi
juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.
Kekurangan
Edmodo diantaranya :
1)
Social
Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti
facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir
setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat
berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata
facebook.com ketimbang edmodo.com
2)
Languange.
Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang
menyulitkan guru dan siswa.
3)
Video
Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan
siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
BAB II
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Edmodo
merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat
sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan
agenda yang diberikan kepada siswa. Aplikasi ini memerlukan jaringan internet
yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar untuk
terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
2.
Adapun fitur
dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks,
Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec.
3.
Edmodo dalam
pembelajaran dapat berfungsi sebagai platform bagi guru untuk melakukan
pemberian tugas dan penilaian kepada siswanya secara online.
B. Saran
Semoga makalah
sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan
yang telah disusun ini dapat berguna bagi penulis sendiri maupun orang yang
membacanya. Sebelumnya penulis mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata
yang kurang berkenan dan penulis memohon kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan di masa depan.
DAFTAR PUSTAKA
Haling, A. dkk. 2006. Belajar
dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM. Diakses pada tanggal 13
januari 2014
Rismayanti, Astuti. 2012. Mengenal
Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-Learning dan Kolaborasi. http://download.smkn1-majalengka.sch.id. Diakses
pada tanggal 13 januari 2014
Umaroh, Sofia. 2012. Penerapan
Project Based Learning menggunakan Microblogging Edmodo untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa. Skripsi UPI : Bandung. Diakses pada tanggal 13
januari 2014
http://download.smkn1majalengka.sch.id/file=Kumpulan+Tutorial/Mengenal+Lebih+Dekat+Edmodo.pdf. Diakses pada tanggal 13 januari 2014
http://asepwg83.blogspot.com/2013/07/manfaat-jejaring-sosial-edmodo-bagi-guru-dan-siswa.html. Diakses pada tanggal 13 januari 2014
Comments
Post a Comment